FISIKA

November 8th, 2012

4 Responses to “FISIKA”

  1. TUGAS FISIKA 21 NOV 2012 says:

    TUGAS FISIKA KELOMPOK ” KONDUKSI, KONVEKSI, RADIASI”

    Oleh

    1. Ivanema NIM 125100100111006
    2. Sabila Najah NIM 125100100111032
    3. Fenny Rosanti NIM 125100101111004
    4. Wahyu Erwin F NIM 125100101111014

    1. Konduksi ialah pemindahan panas yang dihasilkan dari kontak langsung antara permukaan-permukaan benda. Konduksi terjadi hanya dengan menyentuh atau menghubungkan permukaan-permukaan yang mengandung panas. Setiap benda mempunyai konduktivitas termal (kemampuan mengalirkan panas) tertentu yang akan mempengaruhi panas yang dihantarkan dari sisi yang panas ke sisi yang lebih dingin. Semakin tinggi nilai konduktivitas termal suatu benda, semakin cepat ia mengalirkan panas yang diterima dari satu sisi ke sisi yang lain.
    Proses konduksi terjadi jika partikel-partikel yang ada memiliki perbedaan temperatur. Temperatur yang lebih tinggi diibaratkan dengan energi molekular yang lebih tinggi. Dengan syarat temperatur ini terjaga, maka akan terjadi transfer energi dari partikel berenergi lebih tinggi ke partikel lain yang berenergi lebih rendah.
    Contoh konduksi dalam kehidupan sehari-hari yaitu,
    a. Ketika memegang gelas yang panas, maka telapak tangan kita akan menerima panas dari gelas tersebut.
    b. Panas panci yang berasal dari kompor yang digunakan saat memasak.
    c. Saat menyetrika baju, panas yang berasal dari setrika berpindah ke baju karena digosokkan secara langsung sehingga baju menjadi hangat.

    2. Konveksi artinya perpindahan kalor pada suatu zat yang disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. Perpindahan kalor ini terjadi disebabkan adanya perpindahan molekul-molekul suatu benda. Kalor berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi menuju tempat yang bersuhu rendah. Jika terdapat perbedaan suhu maka molekul-molekul yang memiliki suhu yang lebih tinggi berpindah ke tempat yang bersuhu rendah. Posisi molekul tersebut digantikan oleh molekul lain yang bersuhu rendah. Jika suhu molekul ini meningkat, maka molekul tersebut akan berpindah ke tempat yang bersuhu rendah. Posisinya digantikan oleh molekul lain yang bersuhu rendah.
    Contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
    a. Partikel air yang berputar dalam panci saat air mendidih.

    3. Radiasi adalah pemindahan panas atas dasar gelombang-gelombang elektromagnetik. Panas pancaran yang diperoleh atau hilang, tidak dipengaruhi oleh gerakan udara, juga tidak oleh suhu udara antara permukaan-permukaan atau obyek-obyek yang memancar, sehingga radiasi dapat terjadi di ruang hampa.
    Jumlah keseluruhan panas pindahan yang dihasilkan oleh masing-masing cara hampir seluruhnya ditentukan oleh kondisi-kondisi lingkungan. Perpindahan panas ini tanpa melalui media (tanpa melalui molekul). Suatu energi dapat dihantarkan dari suatu tempat ke tempat lainnya (dari benda panas ke benda yang dingin) dengan pancaran gelombang elektromagnetik dimana tenaga elektromagnetik ini akan berubah menjadi panas jika terserap oleh benda yang lain.
    Contoh radiasi dalam kehidupan sehari-hari yaitu:
    a. Misalnya tubuh manusia akan mendapat panas pancaran dari setiap permukaan dari suhu yang lebih tinggi dan ia akan kehilangan panas atau memancarkan panas kepada setiap obyek atau permukaan yang lebih sejuk dari tubuh manusia itu. Dalam hal ini terlihat saat seorang manusia memegang es, es tersebut akan mencair karena adanya panas dari tubuh kita yang memancar ke es tersebut.
    b. Panas dari matahari yang digunakan oleh tumbuhan sebagai bahan fotosintesis. Selain itu juga dapat digunakan sebagai sumber energi untuk sel surya dan mengeringkan pakaian.

  2. mohhasan22 says:

    nma: moh hasan saiful rizal
    nim : 125100300111004
    kelas: L

    linktugas: http://blog.ub.ac.id/mohhasan22/2012/12/11/4/

  3. Laudya says:

    wah boleh juga nih penjelasannya :) pas sekali dengan tugas saya :) terimakasih

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*